Saturday, December 29, 2018

Consultant Watsan Engineer Mentawai

Term of Reference



|
Program
|
Katuerukat
|
|
Location
|
Dusun Muntei Besar & Muntei Kecil, Dusun Eruparaboat dan Sabiret (Desa Malakopak) dan Dusun Laggigi, Maurau dan Kinumbuk (Desa Bulasat)
|
|
Activity
|
Audit SAB eksisting dan assessment Sumber awal SAB Baru
|
|
Date
|
11 Januari 2019 – 4 Februari 2019.
|




Latarbelakang



Di Mentawai, SurfAid sudah membangunbeberapa sarana air bersih (SAB) untuk memberikan akses air bersih kepadamasyarakat dampingan ex korban tsunami 2010 di 14 dusun relokasi di 2 desa, KecamatanPagai Selatan, Pulau Pagai Selatan, Kabupaten Kepulauan Mentawai.

Pembangunan SAB ini dibangun melaluiprogram SESE (2012-2016) dan program KATUERUKAT (2016-sekarang). Saat ini di Mentawai terdapat 4 SAB yang dibangun oleh SurfAid dengan kondisi bervariasi, sebagaiberikut:



Dari program SESE:

·        1 SABsistem gravitasi untuk Dusun Kinumbuk (kondisi baik)

·        1 SABsistem solar panel untuk Dusun Muntei Besar dan Muntei Kecil (Kondisi tidak beroperasi, pompasudah diperbaiki namun perlu perbaikan bak penampung intake).

·        1 SABsistem solar panel untuk Dusun Eruparaboat dan Sabiret (kondisi tidak beroperasi karena kerusakanpompa dan solar panel, namun pipa masih terjaga.



Dari program KATUERUKAT:

·        1 SABsistem solar panel untuk Dusun Laggigi dan Maurau (kondisi baru saja selesaidibangun dan masih berfungsi)

Catatan: ada 1 SAB lagi direncanakan akan dibangun untukmengairi Dusun Bake, Bulasat, dan Tapak Jaya (namun ini masih dalam penjajakansistem yang lebih sesuai, karena dana yang tidak mencukupi)

Untuk SAB yang dalam kondisi rusak ex program SESE, SurfAid bermaksud untuk memperbaikinya karena berdampak padaprogram KATUERUKAT dimana kami masih bekerja dilokasi yang sama. Berdasarkaninvestigasi awal, kerusakan tersebut disebabkan oleh 2 faktor, yakni; Tidakoptimalnya sistem solar panel untuk kondisi lokal yang membuat pendistribusianair tidak berjalan sesuai expektasi masyarakat dan kurang kuatnya KomitePengelola Air di 4 Dusun tersebut.

Untuk mendapatkan 2ndopinion atas kondisi yang ada, maka Project Katuerukat membutuhkan seorang tenaga ahli teknis Air Bersihuntuk dapat melakukan Audit tentang kondisi dan situasi kerusakan yangsebenarnya dan penyebabnya dari SAB-SAB yang rusak tersebut beserta solusi alternatif yang bisadilakukan untuk memperbaiki kerusakan.



Peran dan tanggung jawab:
Konsultan akan:

- Melakukan audit yang komprehensif tentang kerusakan SAB yang ada yang disebutkan di atas baik dari segi teknis / non-teknis (sosial, termasuk Komite Air);
- Memberikan rekomendasi untuk memperbaiki situasi sesuai dengan hasil audit, termasuk analisis anggaran dan perbaikan desain;
- Melakukan penilaian awal untuk sistem yang tepat untuk sarana air baru yang akan dibangun di program KATUERUKAT untuk dusun Bake, Bulasat, dan Tapak Jaya, termasuk anggaran dan desain.



Selama penugasan, konsultan akan bekerja sama dalamperilaku yang efektif dengan tim SurfAid KATUERUKAT di Mentawai. Perilakukonsultan sesuai dengan nilai dan kebijakan SurfAid dan menghormati budayalokal.

Output yang diharapkan:

- Rencana kerja konsultan: (rencana teknis untuk survei, pengukuran, pertemuan / diskusi dengan masyarakat), diserahkan kepada Manajer Program seminggu sebelum pergi ke lapangan;
- Laporan akhir kepada Manajer Program pada tanggal, yang berisi

- Rekomendasi perbaikan SAB yang rusak (dari segi teknis/non teknis) dengan penganggaran, desain, dan exit strategy
- Rekomendasi desain sistem sarana air baru yang bisa dibangun untuk 3 dusun lainnya termasuk penganggaran

- Semua laporan di atas dilengkapi dengan dokumentasi yang memadai



Waktu:

Periodekonsultasi adalah 20 hari kerja, efektif mulai tanggal 11 Januari 2019;

·        2 hari untuk penyusunan rencanakerja;

·        2 hari untuk perjalanan pergipulang;

·        12 hari kerja di lapangan (15 Januari - 30 Januari 2019);

·        4 hari kerja di rumah konsultan untuk penulisanlaporan.



Laporanfinal diharapkan sudah diterima oleh Manajer Program Katuerukat selambatnyapada  4 Februari  2019.



Lokasi kerja lapangan:

KabupatenKepulauan Mentawai, Sumatera Barat..



Kualifikasi

·        Sarjanadengan latar belakang pendidikan yang relevan dan pengalaman yang baik.

·        Mempunyaipengalaman paling sedikit 5 tahun dalam pengelolaan air bersih. Harus memilikipengalaman dengan sistem air bersih tenaga matahari.

·        Mempunyaipengalaman bekerja di daerah terisolir/masyarakat yang direlokasi dan memahamibudaya masyarakat Mentawai merupakan sebuah nilai tambah
·        Mampubekerja secara mandiri dan tim.

Silahkan mengirimkan letter of interest dan CV paling lambat tanggal 4 Januari 2019 ke jobs@surfaid.orgdengan judul email Watsan Engineer Katuerukat

No comments:

Post a Comment