Sunday, March 10, 2019

Yayasan Plan International Indonesia Need Consultant Event Coordinator

 
KERANGKA ACUAN KONSULTAN
EVENT COORDINATOR         
  1. LATAR BELAKANG
Yayasan Plan International Indonesa membuka peluang bagi konsultan eksternal yang berpengalaman untuk mengelola kegiatan “Penguatan Kapasitas Youth Coalition for Girls ” dengan tema “Partisipasi Kaum Muda untuk Kesetaraan Gender”.  Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan partisipasi kaum muda, khususnya Youth Coalition for Girls dalam SDGs, terutama Goals 5, yaitu Kesetaraan Gender. Partisipasi kaum muda dalam pembangunan sangat penting bagi Indonesia. Dengan berdasar pada prinsip “No One Left Behind” maka SDGs yang sudah direncakan juga semestinya tidak meninggalkan partisipasi kaum muda. Berdasarkan hasil pengamatan Yayasan Plan International Indonesa, partisipasi kaum muda dalam pembangunan masih menemui berbagai hambatan. Hambatan kultural bagi kaum muda untuk terlibat dalam pembangunan menjadi salah satu penyebab. Hal lainnya adalah, forum partisipasi dalam pembangunan yang masih kurang ramah anak dan kaum muda. Bentuk partisipasi yang ada dalam pembangunan pun masih banyak yang hanya berupa tokenism atau hanya ada untuk memenuhi kuota saja tanpa partisipasi yang bermakna. Melihat fakta tersebut, Yayasan Plan International Indonesa bersama Youth Coalition for Girls berencana untuk melaksanakan kegiatan pemantauan atau monitoring implementasi RAD Provinsi DKI Jakarta dan kampanye SDGs Goal 5, yaitu Kesetaraan Gender. Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah sebagai bentuk persiapan untuk partisipasi yang bermakna bagi YCG dalam pembahasan ataupun monitorin RAD Provinsi DKI Jakarta.
Adapaun rangkaian kegiatan dari Penguatan Kapasitas Youth Coalition for Girls ini adalah:
  1. Pelatihan dan pengembangan kapasitas organisasi YCG; Manajemen Organisasi, Kesetaraan Gender, dan Kampanye
  2. Kampanye SDGs, terutama Goal 5, Kesetaraan Gender oleh Youth Coalition for Girls
  3. Berpartisipasi secara bermakna dalam pembahasan dan pemantauan implementauan RAD Provinsi DKI Jakarta
Plan International merupakan organisasi hak anak dan kemanusiaan independen yang  berkomiten agar anak hidup terbebas dari kemiskinan, kekerasan dan ketidakadilan. Selama lebih dari 75 tahun, dalam kemitraan yang kuat kami membantu anak dan kaum muda memiliki keterampilan, pengetahuan dan kepercayaan diri untuk meraih hak mereka demi kehidupan yang utuh di masa kini dan masa depan. Secara khusus kami menitikberatkan pada anak perempuan dan perempuan, yang paling terpinggirkan. Saat ini kami  bekerja di lebih dari 70 negara. Di Indonesia, Plan International memulai kerjanya pada 1969 berdasarkan nota kesepahaman dengan Pemerintah Indonesia. Saat ini kami bekerja di 7 propinsi dan mensponsori lebih dari 40.000 anak.
  1. TUJUAN
    Adapun tujuan dari adanya konsultan ialah:
  • Bertindak sebagai koordinator kegiatan  yang membantu mengelola seluruh persiapan, implementasi, dan evaluasi rangkaian kegiatan “Penguatan Kapasitas Youth Coalition for Girls Jakarta”
  • Membantu mengkoordinir seluruh pihak yang terlibat dalam rangkaian acara ini, termasuk diantaranya staf Yayasan Plan International Indonesa, sekolah
  • Memastikan tercapainya tujuan dan KPI acara sesuai yang tertera pada Kerangka “Penguatan Kapasitas Youth Coalition for Girls bekerjasama secara intensif dengan seluruh pihak yang terlibat dalam rangkaian kegiatan.
     
    Dalam mengimplementasikan seluruh aktivitas proyek, konsultan perlu berkoodinasi secara intensif dengan Youth Voices for Girls Rights and Gender Equality Project Manager dan secara tidak langsung dengan Child and Youth Participation National Project Manager.
  1. OUTPUT  
  1. Terselenggara pelatihan dan pengembangan kapasitas anggota YCG Nasional/Jakarta sesuai dengan rincian aktivitas yang tertera pada TOR “Penguatan Kapasitas Youth Coalition for Girls”.
  2. Buku Saku kampanye Youth Coalition for Girls untuk Kesetaraan Gender
  3. Kampanye SDGs, terutama Goal 5 di sekolah yang ditentukan
  4. Laporan progres kegiatan dan Laporan Akhir; Narasi dan Keuangan. Laporan mencakup informasi pencapaian KPI kegiatan.
  1. KUALIFIKASI/SPESIFIKASI  Konsultasi eksternal perlu memiliki kualifikasi sebagai berikut:
  • Memiliki kemampuan manajemen proyek/kegiatan. Pengalaman mengelola kegiatan bersama dengan kaum muda akan menjadi nilai plus. 
  • Memiliki kemampuan komunikasi dan berjejaring yang baik.
  • Memiliki pemahaman dan kemampuan tentang partisipasi anak dan kaum muda, perlindungan anak, dan kesetaraan gender.
  • Memiliki pengalaman mengelola kegiatan Yayasan Plan International Indonesa akan menjadi nilai plus.
     
  1. DURASI PROYEK DAN BUDGET KONSULTAN
Maret – Mei 2019
BUDGET Konsultan: Rp 80.000..000 untuk setidaknya satu tim konsultan.
Mekanisme pembayaran diatur dalam kontrak
 
  1. RINCIAN ACARA
    Tertuang dalam Kerangka Acuan Acara.
    Consultant yang application silahkan kirim ke: Resa.Temaputra@plan-international.org sebelum tanggal 20 maret 2019
 


 

No comments:

Post a Comment