Wednesday, March 8, 2023

Enterprise Development Officer

 

Yayasan EcoNusa adalah organisasi nirlaba yang memiliki tujuan untuk meningkatkan berbagai inisiatif lokal Tanah Papua di tingkat nasional dan internasional dalam upaya untuk memberikan dukungan bagi pengelolaan sumber daya alam yang berkelanjutan. Yayasan EcoNusa didirikan pada 21 Juli 2017 di Jakarta. Dalam mencapai tujuan ini, kami mendorong pengembangan kapasitas organisasi masyarakat sipil untuk melakukan advokasi, kampanye, komunikasi dengan keterlibatan pemangku kepentingan dan dialog di antara pemangku kepentingan untuk mendorong pengelolaan sumber daya alam yang berkelanjutan serta mempromosikan nilai-nilai transparansi, konservasi, dan kesetaraan. Kami melakukan beberapa program yang antara lain difokuskan pada ketahanan masyarakat lokal, advokasi kebijakan, pusat komunikasi di Indonesia Timur, dan pengembangan ekonomi lokal.

EcoNusa mengundang kandidat-kandidat terbaik, bertalenta dan memiliki motivasi yang tinggi untuk melamar posisi dibawah ini:

 

Posisi                                : Enterprise Development Officer

Atasan                              : Business Development Coordinator

Lokasi Kerja                     : Sorong

Jenis Pekerjaan               : Kerja Penuh Waktu (1 tahun)

 

TUJUAN PEKERJAAN

Staf Enterprise Development Officer – akan membantu melaksanakan dan mengkaji (review) program inkubasi bisnis sesuai dengan standar, rencana dan strategi program yang bertujuan untuk pengembangan usaha bisnis UMKM dalam bidang pertanian/perikanan, pengolahan primer dan penambahan nilai serta asistensi (teknis dan non teknis) penuh kepada penerima manfaat program inkubasi bisnis.

 

TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB

·        Fungsi Enterprise Development

  1. Melaksanakan dan mengkaji ulang standar, rencana, strategi dan program yang berkaitan dengan pengembangan usaha pertanian/perikanan/Jasa lainnya, pengolahan primer dan penambahan nilai.
  2. Memfasilitasi masyarakat untuk meningkatkan sumber pendapatan alternatif.
  3. Mengembangkan materi pelatihan pengembangan usaha.
  4. Menerapkan identifikasi, perencanaan/perancangan, implementasi, pemeliharaan, pemantauan, evaluasi dan strategi untuk analisis rantai nilai komoditas dan pengembangan usaha UMKM.
  5. Memberikan dukungan teknis dan asistensi tentang pengembangan usaha UMKM (termasuk akses pengetahuan dasar bisnis, strategi pemasaran, dan mekanisme bantuan permodalan).
  6. Mengumpulkan dan menganalisis data dan informasi tentang pengolahan primer dan penambahan nilai dan pengembangan usaha UMKM untuk menginformasikan proses pengambilan keputusan.
  7. Mengidentifikasi bisnis baru di area lokasi sasaran dan menyiapkan rantai nilai, rencana bisnis, dan laporan kelayakan untuk setiap bisnis.
  8. Berkolaborasi dengan lembaga dan organisasi nasional, regional dan internasional dalam pengembangan usaha, penambahan nilai dan pengolahan primer UMKM.
  9. Berpartisipasi dan mendukung platform dan kerangka kerja pemangku kepentingan komoditas untuk mengelola implementasi analisis rantai nilai komoditas.
  10. Memfasilitasi mentoring dan pelatihan bisnis dari pakar (fasilitator/narasumber).
  11. Penyusunan rencana kerja dan laporan harian/mingguan dan bulanan, serta diserahkan kepada Business Development Coordinator.
  12. Tugas lain yang mungkin ditugaskan dari waktu ke waktu.

 

·        Fungsi Pelaporan dan lainnya

 

  1. Mempersiapkan laporan perkembangan program inkubasi bisnis secara singkat termasuk kondisi di lapangan yang ditemui dan perkembangan bisnis UMKM.
  2. Mengirimkan laporan kepada Business Development Coordinator paling lambat setiap tanggal 1 bulan berjalan.
  3. Menjalankan tugas lain yang diberikan oleh Business Development Coordinator terkait komoditas dan bisnis secara keseluruhan.

 

KUALIFIKASI DAN PENGALAMAN

·        Pria/Wanita Usia 25 - 35 tahun.

·        Domisili di Sorong.

·        Pengalaman kerja minimal 5 (lima) tahun dalam bisnis dan manajemen.

·        Memiliki pengetahuan kerja yang baik tentang operasional gudang dan prosedur penanganan Komoditas perkebunan dan perikanan.

·        Memiliki keterampilan komputer yang baik dengan pengetahuan mengoperasikan aplikasi Ms Excel dan Ms Word.

·        Memiliki kemampuan menyelesaikan masalah secara efisien dan efektif dan analisis yang baik.

·        Memiliki kemampuan untuk menunjukkan integritas pribadi yang jujur dan pekerja keras.

·        Memiliki kemampuan untuk mengidentifikasi kesenjangan, tren, prioritas dan isu-isu kunci di wilayah kerja.

·        Mampu untuk menghormati dan berhubungan dengan orang-orang dengan latar belakang yang berbeda-beda.

·        Kemampuan secara efektif mengembangkan hubungan dengan Koperasi/Mitra kerja/UMKM, LSM, Swasta, dan lembaga pemerintah.

·        Kemampuan untuk menemukan pemenuhan dalam pekerjaan melalui kreativitas, pengambilan risiko, inisiatif dan inovasi dan motivasi tim.

 

 

HUBUNGAN KERJA

Internal               : Dengan semua staf internal EcoNusa

External              : Dengan pihak-pihak eksternal (vendor, koperasi, mitra, dll)

 

Uraian tugas diatas merupakan tugas-tugas pokok pemegang jabatan. Personil dapat diminta untuk melaksanakan tugas tambahan sesuai dengan kebutuhan organisasi dalam kewajaran tingkat keterampilan dan pengalaman.

 

Nilai-nilai organisasi: Keberagaman, Kemanusiaan Universal, Kebersamaan dan Kerja Tim, Inklusi, Demokrasi, Integritas.

 

Silahkan mengirimkan surat lamaran dan CV terbaru Anda melalui email ke recruitment@econusa.id dengan subjek Enterprise Development Officerpaling lambat 17 Maret 2023.

 

Silahkan kunjungi situs web kami untuk informasi lebih lanjut : https://www.econusa.id/id/career

 

Catatan: Hanya kandidat terpilih yang akan dihubungi untuk proses selanjutnya.

No comments:

Post a Comment