Wednesday, March 8, 2023

Staf Admin Produksi dan Operasional

 

Yayasan EcoNusa adalah organisasi nirlaba yang memiliki tujuan untuk meningkatkan berbagai inisiatif lokal Tanah Papua di tingkat nasional dan internasional dalam upaya untuk memberikan dukungan bagi pengelolaan sumber daya alam yang berkelanjutan. Yayasan EcoNusa didirikan pada 21 Juli 2017 di Jakarta. Dalam mencapai tujuan ini, kami mendorong pengembangan kapasitas organisasi masyarakat sipil untuk melakukan advokasi, kampanye, komunikasi dengan keterlibatan pemangku kepentingan dan dialog di antara pemangku kepentingan untuk mendorong pengelolaan sumber daya alam yang berkelanjutan serta mempromosikan nilai-nilai transparansi, konservasi, dan kesetaraan. Kami melakukan beberapa program yang antara lain difokuskan pada ketahanan masyarakat lokal, advokasi kebijakan, pusat komunikasi di Indonesia Timur, dan pengembangan ekonomi lokal.

EcoNusa mengundang kandidat-kandidat terbaik, bertalenta dan memiliki motivasi yang tinggi untuk melamar posisi dibawah ini:

 

Posisi                                : Staf Admin Produksi dan Operasional

Atasan                              : Business Development Coordinator

Lokasi Kerja                     : Sorong

Jenis Pekerjaan               : Kerja Penuh Waktu (1 tahun)

 

TUJUAN PEKERJAAN

Staf Admin Produksi dan Operasional akan mengawasi dan mengelola produk komoditas perikanan yang masuk ke gudang penyimpanan.  Tugas utama adalah memastikan produksi di Gudang berjalan dengan baik, melakukan pelaporan kebutuhan operasional dan fungsi akuntansi dasar pencatatan barang masuk dan keluar serta penjualan secara keseluruhan.

 

TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB

·        Fungsi Operasional

 

  1. Memastikan gudang berjalan sesuai dengan Standar dan Prosedur (SoP).
  2. Melakukan penghitungan dan pencatatan Komoditas di seluruh Gudang (komoditas diterima dan dikirim termasuk tujuan pengiriman).
  3. Memastikan bahwa komoditas tidak pernah keluar dari gudang tanpa persetujuan terlebih dahulu dari supervisor.
  4. Memastikan nota penerimaan nota pengiriman barang pada saat komoditas keluar dan masuk ke gudang.
  5. Melakukan pencatatan penjualan dan pembelian komoditas termasuk pencatatan stock setiap minggu dari koperasi.
  6. Memastikan penyimpanan komoditas yang tepat, menyusun secara terorganisir berdasarkan jenis komoditas dan nomor pengiriman untuk memfasilitasi penghitungan yang tepat.
  7. Memastikan bahwa komoditas yang tidak layak ditumpuk secara terpisah dari stok yang memiliki kualitas baik.
  8. Menyiapkan invoice dan dokumen pendukung untuk pembayaran ke Koperasi/Mitra lainnya dan memvalidasi semua invoice yang dikirimkan oleh koperasi/buyer lainnya.
  9. Memeriksa dan memvalidasi semua laporan dan dokumentasi yang diserahkan oleh perusahaan ekspedisi darat/laut, surveyor, dan agen kliring yang dikontrak.
  10. Melakukan pencatatan secara jelas dan lengkap untuk seluruh transaksi komoditas dari dan ke gudang ke pengguna akhir/buyer akhir (untuk tingkat pasar lokal/regional).
  11. Membuat laporan inspeksi gudang setiap bulan.
  12. Bertanggung jawab untuk secara akurat mengisi dan memperbarui semua catatan gudang termasuk Buku Besar, info stock dan lembar kontrol stok. Jumlah yang dicatat pada dokumen-dokumen ini HARUS sesuai dengan stok fisik harian di gudang.
  13. Mengevaluasi biaya komoditas yang tidak layak (dari hasil sortir kualitas komoditas).
  14. Mengurus dan menetapkan tanggal aktual pembuangan limbah komoditas sesuai dengan standar yang diberikan oleh otoritas setempat.
  15. Membuat sistem pengisian yang siap untuk diaudit dan semua file, catatan, dan laporan komoditas terorganisir dengan baik. Memastikan semua dokumen, laporan, dan file aman dan disimpan di tempat yang aman.
  16. Secara aktif memasarkan produk ke calon potensial buyer di wilayah sorong dan sekitarnya.
  17. Memastikan bahwa prosedur pengelolaan komoditas didokumentasikan dengan baik dan sejalan dengan Standard dan Prosedur yang berlaku.
  18. Berpartisipasi dalam audit internal yang terkait dengan manajemen dan akuntanbilitas komoditas.

 

·        Fungsi Pelaporan dan lainnya

 

  1. Menjalankan dan mematuhi periode pelaporan komoditas dengan ketat. Laporan sudah di kirim ke Business Development Coordinator paling lambat setiap tanggal 1 bulan berjalan.
  2. Mempersiapkan ringkasan penerimaan komoditas secara bulanan, laporan pengiriman, laporan inventaris fisik setiap akhir bulan yang diserahkan ke kantor Jakarta selambat-lambatnya setiap tanggal 1 bulan berjalan.
  3. Menjalankan tugas lain yang diberikan oleh Business Development Coordinator terkait komoditas dan bisnis secara keseluruhan.

 

KUALIFIKASI DAN PENGALAMAN

·        Pria/Wanita Usia 25 - 35 tahun.

·        Domisili di Sorong / Ambon.

·        Pengalaman kerja minimal 2 (dua) tahun dalam bisnis manajemen, akuntansi, bisnis komoditas, sales/marketing.

·        Memiliki pengetahuan kerja yang baik tentang operasional gudang dan prosedur penanganan Komoditas perkebunan dan perikanan.

·        Memiliki keterampilan komputer yang baik dengan pengetahuan mengoperasikan aplikasi Ms Excel dan Ms Word.

·        Memiliki kemampuan menyelesaikan masalah secara efisien dan efektif dan analisis yang baik.

·        Memiliki kemampuan untuk menunjukkan integritas pribadi yang jujur dan pekerja keras.

·        Memiliki kemampuan untuk mengidentifikasi kesenjangan, tren, prioritas dan isu-isu kunci di wilayah kerja.

·        Mampu untuk menghormati dan berhubungan dengan orang-orang dengan latar belakang yang berbeda-beda.

·        Kemampuan secara efektif mengembangkan hubungan dengan Koperasi/Mitra kerja/UMKM, LSM, Swasta, dan lembaga pemerintah.

·        Kemampuan untuk menemukan pemenuhan dalam pekerjaan melalui kreativitas, pengambilan risiko, inisiatif dan inovasi dan motivasi tim.

 

HUBUNGAN KERJA

Internal               : Dengan semua staf internal EcoNusa

External              : Dengan pihak-pihak eksternal (vendor, koperasi, buyer, mitra, dll)

 

Uraian tugas diatas merupakan tugas-tugas pokok pemegang jabatan. Personil dapat diminta untuk melaksanakan tugas tambahan sesuai dengan kebutuhan organisasi dalam kewajaran tingkat keterampilan dan pengalaman.

 

Nilai-nilai organisasi: Keberagaman, Kemanusiaan Universal, Kebersamaan dan Kerja Tim, Inklusi, Demokrasi, Integritas.

 

Silahkan mengirimkan surat lamaran dan CV terbaru Anda melalui email ke recruitment@econusa.id dengan subjekStaf Admin Produksi dan Operasionalpaling lambat 17 Maret 2023.

 

Silahkan kunjungi situs web kami untuk informasi lebih lanjut : https://www.econusa.id/id/career

 

Catatan: Hanya kandidat terpilih yang akan dihubungi untuk proses selanjutnya.

No comments:

Post a Comment