Wednesday, April 19, 2023

Yayasan EcoNusa: Call for Proposal - Pengembangan Dashboard Visual Database & Learning (Knowledge Management)

 

Yayasan EcoNusa adalah organisasi nirlaba yang memiliki tujuan untuk meningkatkan berbagai inisiatif lokal Tanah Papua di tingkat nasional dan internasional dalam upaya untuk memberikan dukungan bagi pengelolaan sumber daya alam yang berkelanjutan. Yayasan EcoNusa didirikan pada 21 Juli 2017 di Jakarta. Dalam mencapai tujuan ini, kami mendorong pengembangan kapasitas organisasi masyarakat sipil untuk melakukan advokasi, kampanye, komunikasi dengan keterlibatan pemangku kepentingan dan dialog di antara pemangku kepentingan untuk mendorong pengelolaan sumber daya alam yang berkelanjutan serta mempromosikan nilai-nilai transparansi, konservasi, dan kesetaraan. Kami melakukan beberapa program yang antara lain difokuskan pada ketahanan masyarakat lokal, advokasi kebijakan, pusat komunikasi di Indonesia Timur, dan pengembangan ekonomi lokal.

Unit Planning, Monitoring, Evaluation, and Learning (PMEL) memiliki fungsi dalam mendukung proses perencanaan, memantau proses implementasi, melaporkan pencapaian yang telah diperoleh, serta mendokumentasikan pembelajaran-pembelajaran yang dihasilkan dari implementasi program di lapangan. Pengolahan data yang diperoleh dari proses implementasi program di lapangan merupakan satu hal terpenting. Dalam lingkup organisasi, data-data hasil analisis yang diperoleh melalui proses monitoring dan evaluasi tidak sekedar menjadi bahan untuk pelaporan ke donor. Data pada dasarnya memiliki beberapa fungsi, baik secara internal maupun secara eksternal, yakni:

1.       Fungsi pertama adalah sebagai bahan pengambilan keputusan dan kebijakan terkait program maupun terkait organisasi secara lebih luas. Dalam hal ini, data-data yang tersedia bisa menjadi acuan dalam melakukan penyesuaian-penyesuaian yang dibutuhkan di lapangan.

2.      Fungsi kedua adalah sebagai bahan pembelajaran yang dikelola untuk dimanfaatkan lagi secara internal maupun dipublikasikan untuk dipergunakan oleh pihak eksternal. Fungsi ini biasa disebut Knowledge Management. Pembelajaran-pembelajaran yang dibagikan, bisa digunakan oleh pihak lain sebelum merencanakan programnya masing-masing dengan belajar dari pengalaman EcoNusa.

3.      Data-data yang dipublikasikan dan diolah menjadi pembelajaran pada dasarnya dapat menguatkan dan meningkatkan kepercayaan publik, termasuk pemerintah dan donor yang selama ini mendukung pelaksanaan program, maupun donor-donor baru yang sedang melakukan penjajakan kepada EcoNusa. 


Untuk itu, EcoNusa akan mengembangkan dashboard database yang terintegrasi dengan pengelolaan pembelajaran dan pengetahuan (Knowledge Management). Pengembangan Kerangka Knowledge Management dihasilkan melalui suatu rangkaian proses implementasi kegiatan dan MEL.

A.  Tujuan Kegiatan

Tujuan pengembangan dashboard ini adalah agar seluruh data-data pencapaian program dan pembelajaran-pembelajaran yang dihasilkan dapat dipublikasikan dan dapat diakses oleh pihak eksternal yang berkepentingan. Dashboard yang telah dibangun akan dipublikasikan melalui website Yayasan Econusa.


1.       Mengembangkan database terkonsolidasi antar seluruh project yang dijalankan oleh EcoNusa selama 5 tahun terakhir (dan periode berikutnya).

2.     Mengembangkan framework Learning di mana seluruh pembelajaran dan best practices yang dihasilkan dari proses implementasi program didokumentasikan untuk kemudian digunakan kembali baik secara internal maupun oleh pihak eksternal.


B.  Hasil yang Diharapkan

Hasil akhir yang diharapkan adalah terbangunnya sebuah dashboard visual yang terintegrasi antara 2 hal, yakni:

1.       Data-data visual berupa pencapaian EcoNusa melalui program-program yang dijalankan di lapangan.

2.      Learning yang dihasilkan dari pengembangan pembelajaran-pembelajaran yang dihasilkan dan diolah dari proses implementasi program.

3.      Terpublikasinya dashboard yang telah dibangun melalui website EcoNusa dan dapat diakses oleh pihak-pihak berkepentingan, baik oleh masyarakat umum maupun donor.


C.  Waktu & Agenda Pelaksanaan

 

Dengan mengikuti alur dan proses, maka waktu pengembangan diperkirakan berlangsung sejak 12 April hingga 24 Mei 2023.

 

No

Proses

Jadwal

1

Penyusunan TOR & persiapan bidding

12-Apr-23

2

Pengumuman & proses bidding konsultan Power BI/Phyton

 

17 - 28 April 2023

3

Pengajuan pernyataan minat/proposal dari konsultan

17 – 28 April 2023

4

Shortlisting aplikasi dan undangan untuk presentasi

1 – 5 Mei 2023

5

Pengumuman hasil seleksi konsultan terpilih

5 Mei 2023

6

Pertemuan & konsolidasi awal dengan konsultan

8 Mei 2023

7

Proses pembangunan dashboard:
- Analisis data
- Desain
- Pembangunan dashboard
- uji coba workflow

8 – 19 Mei 2023

8

Presentasi

22 Mei 2023

9

Peningkatan kapasitas staf internal MEL & Comms

23 - 24 Mei 2023


D.  Kriteria Konsultan

Pemilihan konsultan pengembangan dashboard akan dipilih/diseleksi berdasarkan kriteria-kriteria berikut:

1.       Memiliki pengetahuan dalam bidang data analitik.

2.       Memiliki keahlian dalam menggunakan software Power BI dan Phyton.

3.       Memiliki pengalaman dalam mengembangkan dashboard serupa untuk project-project/program yang kompleks. 


Silahkan mengirimkan dokumen dan informasi yang diperlukan melalui email ke recruitment@econusa.id cc: marcello@econusa.id dengan subjekKonsultan Pengembangan Dashboard Visual Database & Learning" paling lambat 28 April 2023.

a.      Curriculum Vitae (CV) untuk konsultan individu atau profil organisasi/perusahaan

b.      Proposal teknikal dan budget

Nilai-nilai organisasi: Keberagaman, Kemanusiaan Universal Kebersamaan dan Kerja Tim, Inklusi, Demokrasi, Integritas.

Silahkan kunjungi situs web kami untuk informasi lebih lanjut : https://www.econusa.id/id/career


Catatan: Hanya kandidat terpilih yang akan dihubungi untuk proses selanjutnya.


KAK dapat dilihat dalam lampiran: https://drive.google.com/drive/u/0/folders/153nU8FWWYOFqB5OORQMNPV1kQ5UgwjlY

No comments:

Post a Comment