Friday, July 28, 2023

Vacancy Announcement "Community Organization Officer"

Wildlife Conservation Society (WCS) memiliki sejarah yang panjang dan telah berpengalaman dalam bidang eksplorasi dan penyelamatan hidupan liar di beberapa tempat yang paling terpencil di muka Bumi. Wildlife Conservation Society Indonesia Program (WCS-IP) telah tumbuh signifikan selama beberapa dekade terakhir dan telah berkontribusi dalam mendukung Pemerintah Indonesia, terutama Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), dalam melestarikan keanekaragaman hayati Indonesia. WCS-IP memiliki struktur lima program tematik inti yaitu; Forests; Marine; Wildlife Trade & Policy; One Health; dan Rights & Communities.

Di Sumatera, WCS-IP mendukung Balai Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS) untuk mengembangkan mata pencaharian alternatif bagi kelompok masyarakat terutama petani yang berdekatan dengan kawasan konservasi. Melalui program Sustainable and Green Infrastructure, WCS bekerja untuk mendukung peningkatan produktivitas kopi melalui Praktik Pertanian Terbaik di lahan diluar kawasan taman nasional, sehingga dapat menekan perubahan tutupan lahan yang merupakan ancaman utama dalam kawasan taman nasional.

Untuk mencapai tujuan keseluruhan dalam menyelamatkan hidupan liar dan habitatnya, WCS-IP saat ini sedang mencari kandidat untuk posisi Community Organization Officer. Posisi tersebut berfokus pada implementasi di salah satu

target lokasi prioritas, yang mengarah pada penjangkauan partisipasi dan keterlibatan masyarakat, termasuk untuk menginformasikan penyampaian program pelatihan petani dan penguatan kelompok tani. Kegiatan COO akan bekerja untuk memastikan bahwa intervensi program melalui penerapan Praktik Pelatihan Terbaik yang dilakukan petani untuk penurunan angka deforestasi dalam kawasan taman nasional dapat berjalan dengan baik dan tepat sasaran.
TUJUAN UMUM
  • Memberikan dukungan dan melibatkan masyarakat dalam peningkatan pengetahuan, keterampilan dan perilaku petani terkait penerapan Praktik Pertanian Terbaik dan praktik pasca panen serta memperkuat organisasi dan kapasitas kelompok tani untuk dapat mengakses keuangan dan mekanisme pasar.
  • Bekerjasama dengan tim BBS KEKAL dan petani dalam menekan kegiatan perubahan tutupan lahan di dalam kawasan TNBBS yang selaras dengan program BBS KEKAL.
  • Mengorganisir pengumpulan data dan pemantauan kegiatan intervensi program di tingkat tapak serta mendukung pengembangan sistem monitoring bentang alam/landscape pada BBS KEKAL dalam pendataan petani/ kelompok tani.

 TANGGUNG JAWAB

 ANALISIS DAN PENELITIAN

  • Melakukan pemetaan dan menganalisis pemangku kepentingan yang relevan untuk menginformasikan strategi penjangkauan dan keterlibatan masyarakat.
  • Bekerjasama dengan SL Coordinator dan Agro-ecologist untuk memfasilitasi diskusi kelompok terfokus untuk memahami kebutuhan masyarakat, termasuk untuk melakukan identifikasi kondisi sosial ekonomi, penerapan Praktik Pertanian Terbaik dan praktik pasca panen serta akses ke keuangan, input pertanian, dan pasar.
  • Bekerjasama dengan tim BBS KEKAL untuk mendukung penilaian dampak sosial masyarakat terhadap intervensi program BBS KEKAL.
  • Mengkoordinasikan dan melaksanakan studi dan penelitian lebih lanjut untuk pengembangan dan pelaksanaan budidaya kopi berkelanjutan di BBS, termasuk memastikan tidak adanya perambahan ke dalam kawasan TNBBS.
  • Melaksanakan bantuan dan dukungan terhadap pengkajian sosial-ekonomi dan kebutuhan masyarakat untuk desain dan rancangan implementasi program.
  • Melakukan pengumpulan data di tingkat tapak untuk menginformasikan desain dan implementasi program, termasuk penilaian sosial-ekonomi dan kebutuhan masyarakat.

Pengembangan dan Manajemen Program

  • Membantu proses perencanaan dan desain serta pelaksanaan intervensi program yang melibatkan pemangku kepentingan lokal, tokoh masyarakat, petani, dan kelompok tani untuk mengatasi perubahan tutupan lahan (sejalan dengan strategi keterlibatan masyarakat).
  • Mendukung Agro-ecologist dalam desain dan penyampaian program pelatihan petani serta peningkatan kapasitas organisasi kelompok tani (sejalan dengan strategi keterlibatan masyarakat).
  • Bekerja sama dengan tim BBS KEKAL untuk peningkatan kesadaran masyarakat akan konservasi ke dalam program pelatihan petani.
  • Bekerja sama dengan tim BBS KEKAL untuk mendukung penerapan sistem insentif (termasuk akses petani ke pelatihan, input, keuangan, pasar, dan pendekatan inovatif lainnya) untuk memastikan tidak adanya perambahan lebih jauh ke dalam TNBBS.

Keterlibatan dan Komunikasi Pemangku Kepentingan

  • Mengembangkan strategi keterlibatan masyarakat.
  • Bekerja dengan Program Manager Sustainable Landscape and Infrastructure serta BBS Landscape Coordinator untuk mengembangkan rencana komunikasi serta strategi keterlibatan masyarakat yang sejalan dengan tujuan program.
  • Menjalin hubungan kerja yang baik dengan masyarakat lokal, kabupaten, dan pemerintah daerah, termasuk di tingkat desa, dan TNBBS.
  • Menjalin hubungan kerja yang baik dengan petani, kelompok tani, serta tokoh desa dan masyarakat.
  • Menjalin hubungan kerja yang baik dengan mitra swasta.
  • Melakukan sosialisasi dan komunikasi untuk meningkatkan kesadaran masyarakat di lokasi sasaran intervensi program untuk meningkatkan pengetahuan dan partisipasi masyarakat dalam kemitraan untuk mendukung produksi kopi berkelanjutan dan konservasi di TNBBS.
  • Memberikan dukungan teknis dan fasilitasi untuk pertemuan, pelatihan, dan kegiatan penjangkauan publik.
  • Membuat laporan aktivitas dan pembaruan terkait capaian dan kemajuan program secara periodik, sesuai kebutuhan.
  • Mendukung penulisan, penerbitan, dan penyajian temuan penelitian dan menyediakan data untuk mendukung temuan utama melalui situs web, media sosial dan media cetak.

Untuk lebih detil mengenai posisi ini, silakan membuka link berikut:



Mohon mengirimkan surat lamaran dan Curriculum Vitae dalam format bahasa inggris pada email idrecruitment@wcs.org dengan subjek: “Community Organization Officer_(nama)” paling lambat 4 Agustus 2023.

Hanya kandidat terpilih yang akan dihubungi dan menerima pemberitahuan.

 

No comments:

Post a Comment