Friday, July 28, 2023

Vacancy Announcement "Database Officer North Maluku"

Wildlife Conservation Society (WCS) memiliki sejarah yang terkemuka dalam bidang eksplorasi dan penyelamatan hidupan liar di beberapa tempat yang paling terpencil dan liar di Bumi. Wildlife Conservation Society Indonesia Program (WCS-IP) telah tumbuh signifikan selama beberapa dekade terakhir dan berkontribusi dalam mendukung Pemerintah Indonesia, terutama Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), dalam melestarikan keanekaragaman hayati Indonesia. WCS-IP terstruktur dibawah lima program tematik inti: Forests, Marine, Wildlife Trade & Policy, One Health, dan Rights & Communities. Kelima program tersebut didukung oleh unit lintas sektoral yaitu Science & Technology, Conservation Network & Partnership, dan Operations.

Di Maluku Utara, WCS-IP mendukung BKSDA Maluku dan Pemerintah Provinsi Maluku Utara dalam meningkatkan inisiatif konservasi dan mendorong masyarakat setempat untuk mempraktikkan sumber daya alam yang berkelanjutan dan meningkatkan pengetahuan mereka tentang kawasan konservasi serta meningkatkan insentif konservasi bagi masyarakat setempat. Kami juga mendukung pemerintah untuk meningkatkan efektivitas pengelolaan kawasan konservasi, ekologi, pemanfaatan sumber daya alam, dan survei konsidi sumberdaya alam serta ekonomi-sosial sebagai dasar aksi-aksi konservasi, dengan spesies kunci tertentu.

Untuk mencapai tujuan keseluruhan kami dalam menyelamatkan hidupan liar dan habitatnya, WCS-IP saat ini sedang mencari kandidat yang memenuhi syarat untuk posisi Database Officer Maluku Utara. Posisi ini akan secara langsung melapor kepada Resource Use Senior Officer Maluku Utara dan bekerja sama dengan staf WCS-IP lainnya.

Database Officer akan membantu implementasi Program WCS di Provinsi Maluku Utara dalam pengembangan sistem pengumpulan data, mekanisme analisa data, sistem database; mendukung penyediaan data untuk kebutuhan komunikasi dan peningkatan kapasitas kepada pemangku kepentingan dan memberikan bantuan teknis kepada pemerintah dalam pengembangan database dan sistem manajemen pengetahuan. Staf tersebut juga akan bekerja untuk memastikan organisasi memiliki data serta informasi yang kuat untuk mendukung keberlanjutan program.

TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB

  • Mendukung tim lapangan untuk mengembangkan, menerapkan dan mengelola sistem pendataan pemantauan sumber daya alam, termasuk memastikan pengumpulan data yang berkualitas tinggi dan memverifikasi data pemantauan yang dikumpulkan oleh enumerator lapangan sesuai dengan prosedur operasional standar yang dikembangkan oleh WCS.
  • Mengembangkan dan memelihara database pemanfaatan sumber daya alam, data ekologi kawasan, data sosial ekonomi, data pengembangan mata pencaharian, data peningkatan kapasitas dan data kegiatan penjangkauan, serta memberikan dukungan dalam analisis data survei terkait pengelolaan sumber daya alam, pengelolaan kawasan konservasi dan kajian sosial ekonomi.
  • Memberikan dukungan dalam merancang strategi dan pendekatan untuk keberlanjutan program terutama dengan database dan analisis data dan mengembangkan keterlibatan yang kuat dengan pemangku kepentingan utama (pemerintah dan universitas) untuk mengoperasikan dan memelihara sistem database. 
  • Membantu pengembangan dan implementasi strategi peningkatan kapasitas bagi pemangku kepentingan dan bertanggung jawab dalam pelaksanaan peningkatan kapasitas database dan analisis data bagi pemangku kepentingan kunci untuk memastikan keberlanjutan program di Maluku dan Maluku Utara.
  • Memberikan dukungan dalam pengembangan database untuk laporan dan bahan dokumentasi yang berkaitan dengan kegiatan dan pelaksanaan proyek.
  • Mendukung kegiatan-kegiatan peningkatan kesadartahuan dan strategi komunikasi dengan menyediakan data dan materi dari sistem database yang dikembangkan dan analisisnya.
  • Menyampaikan pembaruan rutin tentang kegiatan proyek dan memberikan bantuan teknis, administratif, dan pelaporan serta memberikan pengawasan bagi konsultan atau mitra lokal (jika diperlukan) dalam pelaksanaan kegiatan yang berkaitan dengan pengembangan database dan analisis data serta memastikan kualitas output (misalnya dokumen dan laporan) yang memenuhi standar yang diharapkan oleh WCS.
  • Menyusun minimal satu laporan teknis tentang dokumentasi pelaksanaan dan pendekatan transfer pengetahuan dan kapasitas pengembangan database dan analisis data kepada mitra kerja di Maluku dan Maluku Utara.
  • Mengawasi pekerjaan staf terkait, fasilitator, enumerator yang termasuk dalam pengawasannya sebagaimana diperlukan wilayah kerja WCS untuk memastikan kelancaran pelaksanaan.

KETENTUAN UMUM

Pelaporan

Database Officer akan menyediakan materi tersebut di bawah ini kepada Resource Use Senior Officer Maluku Utara:

  • Laporan periodik yang dibutuhkan (bulanan, semi-tahunan, tahunan)
  • Rencana kerja pribadi dan tim
  • File dan direktori komputer yang merupakan ringkasan aktivitas dan korespondensi kantor (back-up setiap bulan)

Manajemen proyek

  • Memastikan sistem database dan perpustakaan data yang kuat.
  • Membantu merancang dan mengintegrasikan sistem untuk pemantauan, pelaporan dan evaluasi kegiatan proyek;

Komunikasi dan Pelibatan Mitra Terkait

  • Menjalin hubungan kerja yang baik dan/atau kemitraan strategis dengan pemerintah daerah, masyarakat di desa sasaran dan pemangku kepentingan utama lainnya, untuk memastikan keberhasilan koordinasi, implementasi dan tindak lanjut kegiatan proyek;
  • Menjalin koordinasi, komunikasi dan keselarasan yang baik dengan tim sains dan kebijakan WCS.
  • Memberikan dukungan teknis dan fasilitasi pertemuan dan lokakarya, dan secara resmi mewakili WCS dalam pertemuan dan lokakarya jika diperlukan;
  • Menyampaikan pembaruan rutin tentang kegiatan proyek kepada penyelia langsung, koordinator program Maluku Utara dan manajer program (jika diperlukan).

Lainnya

  • Menerapkan dan mempromosikan nilai-nilai WCS dalam pekerjaan sehari-hari.
  • Berpartisipasi dalam kegiatan umum WCS-IP khususnya acara dan kegiatan yang membutuhkan dukungan dan partisipasi dari semua staf, tanpa melihat apakah fokus acara atau kegiatan tertentu memiliki kaitan dengan deskripsi pekerjaan dan tujuan proyek serta kegiatan yang ditugaskan.
  • Melakukan tugas terkait lainnya yang ditugaskan oleh penyelia dan manajemen lini jika diperlukan.

PERSYARATAN

  • Memiliki gelar sarjana atau sertifikasi resmi di bidang kelautan dan perikanan, lingkungan hidup, komputer, IT atau bidang terkait lainnya.
  • Memiliki pengalaman minimal 2 tahun dalam pengelolaan database, atau kombinasi pendidikan dan pengalaman yang setara.
  • Memiliki pengalaman mengelola, memelihara, dan mempopulasikan database dan file manual.
  • Memiliki pengalaman dalam interpretasi analisis gambar, analisis spasial, pemodelan data, dan analisis skenario.
  • Memiliki pengalaman mengelola beragam tugas, menetapkan prioritas, dan memenuhi tenggat waktu.
  • Pengalaman dalam interpretasi hasil serta mengembangkan dan memberikan pelatihan (jika diperlukan) kepada para praktisi
  • Pengalaman bekerja dengan software database (R), manajemen referensi ilmiah, Microsoft Word, Excel, Access, dan Browser Web
  • Mampu bekerja dengan pengawasan minimal
  • Keterampilan komunikasi yang baik dalam bahasa Indonesia dan Inggris
Untuk lebih detil mengenai posisi ini, silakan membuka link berikut:




Mohon mengirimkan surat lamaran dan Curriculum Vitae dalam format bahasa inggris pada email idrecruitment@wcs.org dengan subjek: “Database Office NM_(nama)” paling lambat 31 Juli 2023.

Hanya kandidat terpilih yang akan dihubungi dan menerima pemberitahuan.

 

No comments:

Post a Comment