Pusat
Manajemen dan Pelayanan Kesehatan (PMPK) dibentuk sebagai embrio di
dalam Program Pascasarjana Program Studi Magister Manajemen Rumah Sakit
dan Magister Manajemen Pelayanan Kesehatan Fakultas Kedokteran
Universitas Gadjah Mada berdasarkan SK Dekan Fakultas Kedokteran
Universitas Gadjah Mada dengan No: UGM/KU/503/UM/01/39 tertanggal 5
Februari 1998. Di awal tahun 2013, PMPK telah berubah nama menjadi Pusat
Kebijakan dan Manajemen Kesehatan (PKMK). Pusat Kebijakan dan Manajemen
Kesehatan dikelola di bawah pengawasan Fakultas Kedokteran Universitas
Gadjah Mada dan pengembangan strategi dan sistem kontrol mutu dilakukan
oleh Sistem Board, yang beranggotakan Resource Person yang berstatus
sebagai dosen/ staff pengajar di lingkup UGM. Organisasi PKMK tidak
bertumpu pada
dosen, namun lebih pada tenaga konsultan dan peneliti penuh dan paruh
waktu.
Saat ini PKMK FK UGM dengan pendanaan
dari DFAT sedang melakukan penelitian tentang HIV & AIDS Policy and
Programming within the Framework of Health System in Indonesia hingga
Desember 2015. Untuk mendukung beberapa kegiatan dalam penelitian
multicenter tersebut, Tim HIV & AIDS PKMK FK UGM sedang mencari
seorang Peneliti (Media dan Advokasi) dengan kualifikasi sebagai
berikut :
Ringkasan Jabatan:
Posisi
Jabatan ini akan bertanggung jawab untuk merancang dan melaksanakan
berbagai kegiatan komunikasi dan penyediaan informasi untuk mendukung
kegiatan advokasi kebijakan kesehatan. Selain itu, posisi ini juga
bertanggungjawab keterlibatan aktif media, organisasi masyarakat sipil,
universitas dan pemerintah dalam bidang pengembangan kebijakan dan
legislasi terkait dengan promosi untuk membangun kebijakan AIDS yang
lebih baik di Indonesia.
Tugas dan Tanggung Jawab Pokok:
1. Mengidentifikasi kebutuhan informasi penelitian dari tim AIDS PKMK FK UGM.
2. Mengumpulkan
dan melakukan analisis informasi yang relevan bagi organisasi untuk
mendukung peran-peran strategis dalam advokasi kebijakan dalam HIV dan
AIDS.
3. Secara
regular melakukan komunikasi dengan publik melalui media tentang isu-isu
strategis Tim AIDS sebagai upaya untuk mendorong terbentuknya berbagai
wacana kebijakan dan program HIV dan AIDS di tingkat nasional dan
sub-nasional
4. Memperkuat
jaringan dengan kelompok masyarakat sipil, universitas, organisasi
pembangunan internasional dan pemerintah untuk memastikan terbentuknya
kebijakan dan program AIDS yang mencerminkan kebutuhan komunitas yang
paling terdampak.
5. Membangun
jaringan dengan lembaga-lembaga yang memiliki tugas atau memiliki akses
ke pengembangan kebijakan publik sehingga bisa terlibat secara efektif
dalam proses penyusunan kebijakan dan program.
6. Memastikan
bahwa perencanaan kegiatan media, penyebaran informasi/pengetahuan dan
advokasi bisa dilaksanakan sesuai dengan waktu yang telah ditentukan
7. Bekerja dengan pimpinan lembaga untuk menanggapi berbagai
permintaaan pemangku kepentingan atas informasi terkait dengan pengembangan sektor pengetahuan.
8. Memperkuat
visibilitas Tim AIDS dalam bidang penelitian, perencanaan dan
implementasi program, dan advokasi dalam bidang HIV dan AIDS di
Indonesia
9. Terlibat
dalam upaya lembaga untuk melakukan mobilisasi sumber daya untuk
mendukung kegiatan penelitian, penyediaan layanan dan advokasi melalui
penyusunan proposal terkait.
Kualifikasi, Ketrampilan dan Pengalaman
1. Memiliki latar belakang pendidikan S-2 dalam bidang kesehatan masyarakat, sosiologi, pembangunan sosial atau yang relevan.
2.
Minimum mempunyai pengalaman kerja dalam bidang penanggulangan
HIV dan AIDS selama 3 tahun baik sebagai peneliti atau pengelola program
advokasi atau layanan.
3. Memiliki pengalaman dalam merancang dan mengelola kegiatan advokasi dan pengembangan sektor pengetahuan.
4. Menunjukkan
ketrampilan komunikasi dan interpersonal, kemampuan melakukan
penelitian dan kemampuan berjejaring baik dengan organisasi masyarakat
sipil, universitas, mitra pembangunan internasional dan pemerintah.
5. Memiliki ketrampilan analitik, evaluasi dan menulis artikel/policy brief atau laporan penelitian.
6. Memiliki pengetahuan dan ketrampilan dalam bidang teknologi
informasi
7. Mampu bekerja dalam lingkungan yang beragam dan sensitif
8. Mampu bekerja sebagai bagian dari Tim dan mampu menunjukkan kepemimpinan, supervisi dan dukungan kepada mitra kerja.
9. Mampu berbahasa Inggris aktif dalam berbicara atau menulis
PKMK FK UGM membuka kesempatan yang sama bagi semua pelamar dan akan melalui proses perekrutan sesuai standar PKMK FK UGM.
Bagi yang berminat dan memiliki kualifikasi seperti di atas, silahkan mengirimkan CV dan surat lamaran ke : evianabudiawan@gmail.com dengan subject : Rekrutmen Peneliti (Media & Advokasi) dengan batas waktu sampai 22 Agustus 2014.
No comments:
Post a Comment