Tuesday, October 18, 2016

Loker: Manajer Kampanye PSDABM Yayasan RMI Bogor

Lowongan Pekerjaan


Manajer Kampanye Pengelolaan Sumberdaya Alam Berbasis Masyarakat

Terms of Reference

Judul Penugasan: Manajer Kampanye Pengelolaan Sumberdaya Alam Berbasis Masyarakat (PSDABM)
Starting date: as soon as possible
Durasi Kontrak: November 2016-April 2018
Status posisi: Penuh-waktu

Latar Belakang
RMI (Rimbawan Muda Indonesia) adalah organisasi non-pemerintah berbentuk yayasan yang berdiri sejak 1992 di Bogor, Jawa Barat. Visi kami adalah terwujudnya kedaulatan rakyat, perempuan dan laki-laki, atas tanah dan sumberdaya alam. Sejalan dengan visi tersebut, RMI mengembangkan misi organisasi dalam bentuk program-program di tingkat akar rumput yang memfasilitasi pengelolaan sumberdaya alam berbasis masyarakat serta konservasi keanekaragaman hayati menuju penghidupan berkelanjutan di wilayah dataran tinggi Jawa Barat dan Banten, khususnya di wilayah Taman Nasional Halimun Salak dan area yang berdampingan dan beririsan dengan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango.

Berbagai program untuk tingkat akar rumput bervariasi mulai dari program peningkatan kapasitas (misalnya Sekolah Lapangan Perempuan, Sekolah Lapangan Pemuda, Sekolah Pendamping Hukum Rakyat, dan Sekolah Penggerak Masyarakat) dengan berbagai target grup dan berbagai kurikulum.  Selain itu, RMI juga mengembangkan platform untuk mewadahi fasilitator pendidikan lingkungan hidup dimana program ini berfungsi untuk menyampaikan berbagai praktek pengelolaan sumberdaya alam secara lestari oleh masyarakat. Program pendidikan lingkungan hidup RMI dikembangkan di wilayah konservasi ex-situ dan in-situ, selain juga di wilayah-wilayah non-konservasi seperti wilayah perkotaan. Selain program pendidikan lingkungan hidup, juga dikembangkan berbagai aktivitas kampanye untuk mendukung upaya pengakuan pengelolaan sumberdaya alam secara lestari versi masyarakat. Riset juga menjadi bagi penting dari aktivitas RMI.

Dalam melaksanakan aktivitasnya, RMI secara sadar berprinsip pada keadilan jender dan inklusi sosial.

Tugas
- Mengembangkan strategi dan metode-metode kampanye yang efektif dan efisien
- Melaksanakan kegiatan kampanye untuk meningkatkan pengakuan terhadap pengelolaan sumberdaya alam berbasis masyarakat
- Mengelola saluran-saluran media sosial dan website untuk menyebarluaskan berbagai kerja RMI dan berita-berita yang terkait dengan PSDABM yang dikerjakan RMI
- Menjalin dan mengelola jaringan terkait dengan kampanye
- Menjalin hubungan dan mengelola hubungan dengan media cetak lokal dan nasional untuk penyebarluasan berita mengenai kerja-kerja RMI
- Bersama tim mengembangkan indikator dan mengukur tingkat keberhasilan kampanye
- Berkontribusi pada sistem pengelolaan pengetahuan RMI
- Berkontribusi pada pengelolaan relawan RMI

Kualifikasi, kompetensi dan pengalaman yang dibutuhkan
- Pengetahuan dan ketertarikan yang kuat tentang isu-isu terkait keadilan-ekologi (environmental-justice)
- Berorientasi pada detail dan terorganisir
- Memiliki kemampuan komunikasi lisan dan tulisan yang sangat kuat, juga ketrampilan mengelola hubungan antar personal (interpersonal skills)
- Terbiasa bekerja dengan media
- Memiliki inisiatif tinggi
- Berkemauan belajar yang tinggi
- Terbiasa untuk mengelola acara
- Memiliki kemampuan bahasa inggris lisan dan tulisan yang baik

Manajer Kampanye akan berada di bawah koordinasi dan melaporkan kegiatannya kepada Direktur Eksekutif RMI dan bekerjasama dengan divisi lain sesuai dengan kebutuhan dan tuntutan pekerjaan.

Silakan kirimkan lamaran dan CV ke Indra N Hatasura (indra@rmibogor.id) paling lambat tanggal 25 Oktober 2016. Kami hanya akan menghubungi kandidat yang sudah tersaring guna wawancara lebih lanjut.

No comments:

Post a Comment