INFORMASI POSISI
Job Title:
Field Coordinator for
Government Officials and CSO Strengthening in Bintuni Regency (Papua
Barat)
Lama kontrak: 1 tahun (dengan kemungkinan diperpanjang berdasarkan kinerja,
ketersediaan dana dan kebutuhan akan posisi tersebut)
Supervisor: Project Manager
Lokasi: Bintuni Regency PMU Office (Papua Barat)
LATAR BELAKANG PROYEK
Program “Capacity Building for Government Officials and Civil Society
Organization Strengthening” ini didasari oleh kebutuhan pentingnya penataan kelembagaan pemerintahan
daerah di Provinsi Papua Barat,
Kabupaten Teluk Bintuni, dan Kabupaten Fakfak sebagai pondasi bagi terciptanya efektivitas kinerja pemerintahan bagi
pemenuhan kesejahteraan masyarakat. Dalam konteks good governance, efektivitas kinerja pemerintahan daerah berlangsung dalam dua ranah sekaligus, yaitu effective state dan effective governance.
Selama kurang lebih 3 tahun, Kemitraan melalui program ini akan melakukan
serangkaian kegiatan di Kabupaten Bintuni dan Kabupaten Fakfak sebagai berikut:
- Penguatan efektivitas penyelenggaraan pemerintahan daerah
- Pengakuan terhadap otonomi asli melalui penguatan tata kelola pemerintahan kampung
- Penguatan jaringan kerja kebijakan dan lingkungan yang kondusif
- Penguatan peran organisasi masyarakat sipil (CSO) lokal
Guna mendukung pelaksanaan, Kemitraan mendirikan kantor pengelolaan
kegiatan (PMU) di Kabupaten Bintuni yang akan dikelola oleh Tim Pengelola.
Untuk itu Kemitraan bermaksud merekrut Field Coordinator yang bertugas melakukan
pengelolaan kegiatan harian dan berkolaborasi secara intensif dengan pemangku
kepentingan sebagai target kegiatan peningkatan kapasitas maupun penguatan.
Di bawah arahan Project Manager dan supervisi Field Supervisor, Field Coordinator
bertugas melakukan pengelolaan kegiatan harian serta berkoordinasi secara
intensif dengan para pemangku kepentingan sebagai target kegiatan peningkatan
kapasitas maupun penguatan yang mencakup:
- Melaksanakan persiapan dan implementasi seluruh aktivitas program
- Mendukung Field Supervisor dalam Memfasilitasi aspek subtansi pada seluruh pemangku kepentingan.
- Mengelola sumber daya secara efisien dalam implementasi aktivitas program
- Membuat Laporan pelaksanaan seluruh aktivitas program
- Membantu Field Supervisor dalam membuat laporan konsolidasi tiga bulanan
- Melakukan koordinasi dan mensupervisi dengan Local Contact Person di Kabupaten Bintuni dan Fak-fak
Selain berkolaborasi dan bekerjasama dengan para pemangku kepentingan,
Field Coordinator akan bekerja secara intensif dengan Project Manager, Field
Supervisor, Finance Officer, Local Contact Person dan Staf Admin & Logistik.
FUNGSI/TUGAS
Ringakasan Tugas dan Fungsi
Utama:
Field Coordinator akan mengarahkan, memfasilitasi dan mengoordinasi Local Contact Person dan Staf Admin
& Logistik yang ditugaskan di lokasi dengan cakupan tanggungjawab sebagai
berikut:
q
Koordinasi
dan pengelolaan pelaksanaan kegiatan di lapangan:
Field Coordinator mensupervisi implementasi
kegiatan dan memastikan kualitas hasil kegiatan. Field Coordinator akan
membantu Field Supervisor untuk memastikan penyiapan laporan kegiatan dan
berkala sesuai dengan tenggat waktu yang telah ditentukan.
Implementasi kegiatan termasuk:
·
Back-up
kelembagaan dan memastikan kesesuaian SOP di setiap kegiatan;
- Penyiapan laporan kegiatan dan laporan harian.
- Melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait terutama Pemerintah Daerah.
- Melaporkan secara berkala kepada Project Manager dan Field Supervisor terkait perkembangan lapangan, antara lain yang memuat identifikasi stakeholder, perkembangan maupun strategi pelaksanaan di lokasi.
- Bekerjasama dengan Staf Keuangan Proyek, mensupervisi tugas-tugas terkait dengan administrasi, pengadaan dan keuangan yang dilakukan oleh Staf Admin & Logistik.
- Memastikan dokumen-dokumen terkait kegiatan terdokumentasi dengan baik.
q
Monitoring
and evaluation:
- Berkolaborasi dengan Field Supervisor, mendokumentasi pembelajaran yang mencakup tantangan, kendala dan solusi guna menjaga kelancaran proses kegiatan di lokasi.
- Bekerjasama dengan Staf Keuangan dan M&E Kemitraan untuk memastikan dokumentasi capaian proyek dan kegiatan serta status keuangan proyek.
q
External
relations:
- Memberikan dukungan kepada Project Manager dalam komunikasi strategis dengan pejabat pemerintah daerah yang terkait.
- Menjaga interaksi yang proaktif, positif dan profesional dengan pihak-pihak luar, termasuk CSOs dan media lokal.
- Menjaga agar seluruh liputan maupun publikasi terkait dengan kegiatan proyek dilakukan secara bertanggungjawab.
q
Administration:
- Memastikan seluruh aspek terkait dengan prosedur administrasi terpenuhi (dokumentasi data, korespondensi, publikasi dan lain-lain terkait)
- Mensupervisi Staf Admin & Logistik dengan berkolaborasi dan bekerjsama dengan Staf Keuangan Proyek.
- Memastikan kepatuhan proyek terhadap SOP Kemitraan, termasuk prosedur safeguard.
HASIL YANG DIHARAPKAN
- Keberhasilan pelaksanaan proyek secara keseluruhan yang secara substantif maupun administratif akuntabel.
- Komunikasi dan fasilitasi yang baik kepada pemangku kepentingan kunci untuk menjaga reputasi Kemitraan sebagai mitra strategis yang terpercaya.
- Kantor PMU di lokasi memenuhi target capaian proyek.
- Adanya kesempatan untuk mengembangkan dan melaksanakan program-program tata kelola yang berkelanjutan di bawah kerjasama antara Kemitraan dengan mitra-mitra strategis.
RECRUITMENT QUALIFICATION:
PENDIDIKAN:
Minimum S-1 (diutamakan S-2) di bidang sosial, ekonomi, politik dan
lain-lain terkait.
Memiliki pengetahuan dan komitmen yang memadai di bidang pembaruan tata
kelola pemerintahan (governance reform) serta isu-isu sosial, ekonomi dan
politik.
PENGALAMAN:
·
Minimal
3 tahun pengalaman mengelola proyek, terutama di bidang pembangunan dan isu
sosial, bekerja di lembaga non-profit yang bergerak di bidang peningkatan
kapasitas maupun advokasi.
·
Memiliki
pemahaman yang memadai terkait dengan kondisi sosial dan politik lokal
·
Berpengalaman
bekerja di lingkungan internasional sebagai nilai tambah.
Bagi yang berminat, silahkan mengirimkan surat lamaran dan CV ke alamat: recruitment@kemitraan.or.id paling lambat pada tanggal 22 Maret 2018. Kami hanya akan menghubungi para pelamar yang lolos seleksi.
No comments:
Post a Comment