Thursday, March 15, 2018

Field Coordinator for Bintuni, Papua - Kemitraan

INFORMASI POSISI

Job Title
Field Coordinator for Government Officials and CSO Strengthening in Bintuni Regency (Papua Barat)
Lama kontrak: 1 tahun (dengan kemungkinan diperpanjang berdasarkan kinerja, ketersediaan dana dan kebutuhan akan posisi tersebut)
Supervisor: Project Manager
Lokasi: Bintuni Regency PMU Office (Papua Barat)


LATAR BELAKANG PROYEK
Program “Capacity Building for Government Officials and Civil Society Organization Strengthening” ini didasari oleh kebutuhan pentingnya penataan kelembagaan pemerintahan daerah di Provinsi Papua Barat, Kabupaten Teluk Bintuni, dan Kabupaten Fakfak sebagai pondasi bagi terciptanya efektivitas kinerja pemerintahan bagi pemenuhan kesejahteraan masyarakat. Dalam konteks good governance, efektivitas kinerja pemerintahan daerah berlangsung dalam dua ranah sekaligus, yaitu effective state dan effective governance.
Selama kurang lebih 3 tahun, Kemitraan melalui program ini akan melakukan serangkaian kegiatan di Kabupaten Bintuni dan Kabupaten Fakfak sebagai berikut:
  1. Penguatan efektivitas penyelenggaraan pemerintahan daerah
  2. Pengakuan terhadap otonomi asli melalui penguatan tata kelola pemerintahan kampung
  3. Penguatan jaringan kerja kebijakan dan lingkungan yang kondusif
  4. Penguatan peran organisasi masyarakat sipil (CSO) lokal
Guna mendukung pelaksanaan, Kemitraan mendirikan kantor pengelolaan kegiatan (PMU) di Kabupaten Bintuni yang akan dikelola oleh Tim Pengelola. Untuk itu Kemitraan bermaksud merekrut Field Coordinator yang bertugas melakukan pengelolaan kegiatan harian dan berkolaborasi secara intensif dengan pemangku kepentingan sebagai target kegiatan peningkatan kapasitas maupun penguatan.
Di bawah arahan Project Manager dan supervisi Field Supervisor, Field Coordinator bertugas melakukan pengelolaan kegiatan harian serta berkoordinasi secara intensif dengan para pemangku kepentingan sebagai target kegiatan peningkatan kapasitas maupun penguatan yang mencakup:
  • Melaksanakan persiapan dan implementasi seluruh aktivitas program
  • Mendukung Field Supervisor dalam Memfasilitasi aspek subtansi pada seluruh pemangku kepentingan.
  • Mengelola sumber daya secara efisien dalam implementasi aktivitas program
  • Membuat Laporan pelaksanaan seluruh aktivitas program
  • Membantu Field Supervisor dalam membuat laporan konsolidasi tiga bulanan
  • Melakukan koordinasi dan mensupervisi dengan Local Contact Person di Kabupaten Bintuni dan Fak-fak
Selain berkolaborasi dan bekerjasama dengan para pemangku kepentingan, Field Coordinator akan bekerja secara intensif dengan Project Manager, Field Supervisor, Finance Officer, Local Contact Person dan Staf Admin & Logistik.

FUNGSI/TUGAS
Ringakasan Tugas dan Fungsi Utama:
Field Coordinator akan mengarahkan, memfasilitasi dan mengoordinasi Local Contact Person dan Staf Admin & Logistik yang ditugaskan di lokasi dengan cakupan tanggungjawab sebagai berikut:
q  Koordinasi dan pengelolaan pelaksanaan kegiatan di lapangan:
Field Coordinator mensupervisi implementasi kegiatan dan memastikan kualitas hasil kegiatan. Field Coordinator akan membantu Field Supervisor untuk memastikan penyiapan laporan kegiatan dan berkala sesuai dengan tenggat waktu yang telah ditentukan.
Implementasi kegiatan termasuk:
·          Back-up kelembagaan dan memastikan kesesuaian SOP di setiap kegiatan;
  • Penyiapan laporan kegiatan dan laporan harian.
  • Melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait terutama Pemerintah Daerah.
  • Melaporkan secara berkala kepada Project Manager dan Field Supervisor terkait perkembangan lapangan, antara lain yang memuat identifikasi stakeholder, perkembangan maupun strategi pelaksanaan di lokasi.
  • Bekerjasama dengan Staf Keuangan Proyek, mensupervisi tugas-tugas terkait dengan administrasi, pengadaan dan keuangan yang dilakukan oleh Staf Admin & Logistik.
  • Memastikan dokumen-dokumen terkait kegiatan terdokumentasi dengan baik.
q  Monitoring and evaluation:
  • Berkolaborasi dengan Field Supervisor, mendokumentasi pembelajaran yang mencakup tantangan, kendala dan solusi guna menjaga kelancaran proses kegiatan di lokasi.
  • Bekerjasama dengan Staf Keuangan dan M&E Kemitraan untuk memastikan dokumentasi capaian proyek dan kegiatan serta status keuangan proyek.
q  External relations:
  • Memberikan dukungan kepada Project Manager dalam komunikasi strategis dengan pejabat pemerintah daerah yang terkait.
  • Menjaga interaksi yang proaktif, positif dan profesional dengan pihak-pihak luar, termasuk CSOs dan media lokal.
  • Menjaga agar seluruh liputan maupun publikasi terkait dengan kegiatan proyek dilakukan secara bertanggungjawab.
q  Administration:
  • Memastikan seluruh aspek terkait dengan prosedur administrasi terpenuhi (dokumentasi data, korespondensi, publikasi dan lain-lain terkait)
  • Mensupervisi Staf Admin & Logistik dengan berkolaborasi dan bekerjsama dengan Staf Keuangan Proyek.
  • Memastikan kepatuhan proyek terhadap SOP Kemitraan, termasuk prosedur safeguard.

HASIL YANG DIHARAPKAN
  • Keberhasilan pelaksanaan proyek secara keseluruhan yang secara substantif maupun administratif akuntabel.
  • Komunikasi dan fasilitasi yang baik kepada pemangku kepentingan kunci untuk menjaga reputasi Kemitraan sebagai mitra strategis yang terpercaya.
  • Kantor PMU di lokasi memenuhi target capaian proyek.
  • Adanya kesempatan untuk mengembangkan dan melaksanakan program-program tata kelola yang berkelanjutan di bawah kerjasama antara Kemitraan dengan mitra-mitra strategis.

RECRUITMENT QUALIFICATION:
PENDIDIKAN:
Minimum S-1 (diutamakan S-2) di bidang sosial, ekonomi, politik dan lain-lain terkait.
Memiliki pengetahuan dan komitmen yang memadai di bidang pembaruan tata kelola pemerintahan (governance reform) serta isu-isu sosial, ekonomi dan politik.

PENGALAMAN:
·         Minimal 3 tahun pengalaman mengelola proyek, terutama di bidang pembangunan dan isu sosial, bekerja di lembaga non-profit yang bergerak di bidang peningkatan kapasitas maupun advokasi.
·         Memiliki pemahaman yang memadai terkait dengan kondisi sosial dan politik lokal
·         Berpengalaman bekerja di lingkungan internasional sebagai nilai tambah.

Bagi yang berminat, silahkan mengirimkan surat lamaran dan CV ke alamat: recruitment@kemitraan.or.id paling lambat pada tanggal 22 Maret 2018.   Kami hanya akan menghubungi para pelamar yang lolos seleksi.

No comments:

Post a Comment