Sunday, May 13, 2018

Pembuatan Modul Pelatihan Penguatan dan Pembiayaan Kelompok SPAMS Perdesaan


Latar Belakang
Water.org Indonesia telah mengembangkan suatu model baru untuk dapat memperkuat, membiayai, dan mengembangkan Kelompok SPAMS Perdesaan /BPSPAMS (Badan Pengelola Sarana Penyedia Air Minum dan Sanitasi / HIPPAMS (Himpunan Penduduk Pemakai Air Minum dan Sanitasi)/ CBO (Community Base Organization) .. Organisasi tersebut dibentuk dibawah program PAMSIMAS dan WSLIC. Saat ini Water.org bekerja sama dengan PAMSIMAS, memberikan dukungan tambahan untuk mengembangkan manajemen Kelompok SPAMS Perdesaan, kapasitas teknis, operasional serta memberikan keterampilan manajemen keuangan untuk memelihara dan meningkatkan layanan air dan sanitasi mereka di pedesaan Indonesia. Water.org juga berusaha memberikan informasi kepada lembaga keuangan tentang peluang investasi di sektor air pedesaan dan mendukung lembaga keuangan untuk meningkatkan pinjaman kepada Kelompok SPAMS Perdesaan guna membiayai sistem manajemen dan perluasan infrastruktur.

PAMSIMAS (www.PAMSIMAS.org) merupakan Program Pemerintah dalam Penyediaan Air Bersih dan Sanitasi di Indonesia. Di dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019, Pemerintah Indonesia secara ambisius telah berkomitmen mencapai target Akses Universal terhadap penyediaan air bersih dan sanitasi di tahun 2019. Melalui program ‘100-0-100’, Pemerintah mempunyai misi untuk mencapai 100 persen akses air bersih, 0 permukiman kumuh, dan 100 persen akses fasilitas sanitasi. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan, yang merupakan lembaga pelaksana utama PAMSIMAS, memiliki tanggung jawab langsung terhadap program 100-0-100 tersebut.
Kebijakan di Indonesia untuk sektor pencapaian Akses Universal ini didukung oleh empat program utama:
(i) Program Air dan Sanitasi Perkotaan,
(ii) Program Air Minum dan Sanitasi Daerah,
(iii) Program Daerah Kelangkaan Air, dan
(iv) Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Pedesaan Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS).
PAMSIMAS dianggap sebagai sebuah program yang paling efektif biaya terhadap peningkatan Akses Universal dalam hal ketersediaan air di daerah pedesaan dan pinggiran kota dan juga dapat menerapkan pendekatan pembangunan berbasis masyarakat Sejauh ini, PAMSIMAS telah menjangkau sekitar 8 juta orang agar dapat mengakses ke layanan air bersih yang lebih baik, dan sekitar 7,7 juta orang dapat mengakses ke air dan sanitasi di lebih dari 10.000 desa.
Lingkup Pekerjaan
Water.org membantu perorangan atau perusahaan agar mereka bisa membuat dokumen tentang manajemen operasional dan keuangan Kelompok SPAMS Perdesaan, menyiapkan proposal pinjaman kepada lembaga keuangan setempat, dan membantu mendapatkan pembiayaan untuk perbaikan layanan dan infrastruktur. Konsultan mengembangkan modul pelatihan “program penguatan dan pembiayaan Kelompok SPAMS Perdesaan”. Program pembiayaan Kelompok SPAMS Perdesaan merupakan program pembiayaan mikro oleh Bank/Lembaga Keuangan. Water.org telah membuat dokumen Kerangka modul yang akan disampaikan dalam pelatihan. Konsultan mengembangkan dokumen tersebut agar siap untuk digunakan dalam pelatihan. Materi dalam modul meliputi Tinjauan Program CBO, Kebijakan program pembiayaan Kelompok SPAMS Perdesaan, Program Pembiayaan Kelompok SPAMS Perdesaan yang terdiri dari tahap pemetaan, tahap penguatan dan tahap pembiayaan serta monitoring dan evaluasi program.
Dokumen tersebut meliputi
1. Pemetaan kelompok sistem penyediaan air pedesaan
– Parameter
– Pengumpulan data
– Analisis data
2. Penguatan kelompok sistem penyediaan air pedesaan
– Sesuai dengan persyaratan Lembaga keuangan
– Kelayakan kredit
3. Pendanaan kelompok sistem penyediaan air pedesaan
– Rencana bisnis
– Dokumen proposal pinjaman
Timeline
Water.org berharap penugasan ini selesai pada bulan Oktober 2018, sedangkan pembuatan materi dan alat pelatihannya akan selesai di bulan Juni 2018.
Jadwal semula adalah sebagai berikut:
Rincian Kerja & Tanggal Pelaksanaan:

Pengajuan proposal konsultan ke Water.org
Deadline:  21 Mei 2018
Finalisasi perjanjian dengan konsultan terpilih
 30 Mei 2018
Dimulainya pekerjaan:
1 Juni  atau lebih awal
Pembuatan dokumen

Draft pertama
6 Juli 2018
Draft kedua
13 Juli 2018
Final
20 Juli 2018
Pelaporan dokumen ke Water.org
31 Oktober 2018
Waktu Pelaksanaan
Perjanjian konsultansi akan berlangsung kurang lebih selama 6 bulan, yaitu sampai dengan bulan Oktober 2018.
Persyaratan Konsultan
Pelamar setidaknya memiliki persyaratan sebagai berikut:
  1. Berpengalaman dan familiar dengan pembuatan dan menyampaikan modul pelatihan, terutama tentang organisasi keuangan mikro
  2. Berpengalaman di sektor keuangan mikro atau UKM minimal 5 tahun
  3. Pendidikan minimal Sarjana
  4. Lebih disukai yang mengerti dengan manajemen Kelompok SPAMS Perdesaan
  5. Kemampuan berbahasa Inggris akan menjadi nilai lebih
Anggaran
Anggaran yang diajukan harus disertakan dengan proposal pengajuan konsultansi, anggaran akhir yang telah disetujui tidak bisa diubah dan tidak bisa dinegosiasi. Semua jumlah dalam bentuk IDR.
Pengajuan Proposal
Proposal meliputi sebuah narasi, timeline, anggaran, dan biodata. Gunakan “Proposal Modul Pelatihan SPAMS Pedesaan” sebagai subjek e-mail. Proposal harap dikirimkan selambat-lambatnya 20 Mei 2018 ke:
Proposal akan ditinjau ulang secara berkala. Jika Anda mempunyai pertanyaan-pertanyaan di dalam menyusun proposal, silakan ajukan pertanyaan ke: Rachmad Hidayad, Manajer Program Senior, Program CBO – Water.org Indonesia, melalui email: rhidayad@water.org.

No comments:

Post a Comment