INDONESIA
CLIMATE CHANGE TRUST FUND
MENCARI
KANDIDAT UNTUK COMMUNICATION MANAGER
Penjelasan Singkat
Indonesia Climate Change Trust Fund (ICCTF) yang berdiri sejak tahun 2009 adalah satu-satunya lembaga
wali amanat nasional di Indonesia untuk penanganan perubahan iklim yang
dilengkapi dengan mandat Pemerintah. ICCTF didirikan dengan tujuan utama untuk
meningkatkan efektivitas dan efisiensi koordinasi penanganan perubahan iklim di
Indonesia sesuai dengan Rencana Aksi Nasional/Daerah Penurunan Emisi Gas Rumah
Kaca (RAN/RAD-GRK) dan Rencana Aksi Nasional Adaptasi Perubahan Iklim
(RAN-API). Sesuai dengan tujuan didirikannya, ICCTF mendukung target mitigasi
penurunan emisi Indonesia sebesar 29 persen dengan usaha sendiri dan 41 persen
dengan bantuan internasional di tahun 2030 dengan menyalurkan sumber daya
domestik dan pendanaan internasional ke program-program yang selaras dengan
pelaksanaan RAN/RAD-GRK. Satuan Kerja Majelis Wali Amanat ICCTF berada di
Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan
Nasional. Untuk informasi lebih lanjut, silakan mengunjungi website kami
di www.icctf.or.id.
Posisi
Communication Manager
Periode
: 12 Bulan (Januari - Desember 2019)
Area
Kerja : Jakarta
Tugas dan Taggung Jawab
- Komunikasi Organisasi /Perusahaan
a.
Merencanakan, menyusun dan mengembangkan strategi komunikasi untuk mendukung
Program Penggalangan Dana, sehingga memiliki dampak positif pada Penggalangan
Dana.
b.
Melaksanakan strategi
komunikasi untuk membuat ICCTF dikenal di tingkat lokal, nasional dan
internasional, dengan membangun dan memelihara hubungan baik dengan berbagai
pihak termasuk dengan lembaga donor, serta mempromosikan melalui publikasi/media
tentang program-program ICCTF, sehingga memiliki dampak positif terhadap upaya
penggalangan dana.
c.
Secara aktif
berpartisipasi dalam pelaksanaan program ICCTF, sehingga dapat memahami
praktek-praktek terbaik (best practices) dari berbagai program ICCTF agar dapat
menjelaskan dan mempromosikan melalui berbagai jaringan
nasional/regional/global, sehingga memiliki dampak positif terhadap upaya
peningkatan brand image dan penguatan
identitas dan reputasi ICCTF.
d.
Bertanggungjawab
atas kualitas output, konten dan materi publikasi dan kampanye yang disusun
oleh tim komunikasi ICCTF.
e.
Memperluas
pengetahuan mengenai kebijakan dan aksi-aksi perubahan iklim dan pembangunan
rendah karbon di tingkat global maupun nasional untuk memperkaya isi dari materi
komunikasi.
f.
Mengkoordinasikan
acara-acara dan kegiatan-kegiatan Sekretariat ICCTF secara profesional dalam
kaitannya dengan komunikasi.
g.
Bekerjasama
dengan PME Manager menyusun dan supervisi laporan tahunan Sekretariat ICCTF
secara profesional.
h..
Menjamin kualitas
semua produk komunikasi Sekretariat ICCTF yang akan disampaikan kepada pemangku
kepentingan dan Mitra Pembangunan
i.
Mengembangkan dan
mengelola rencana kerja dan kebutuhan pembiayaan untuk kegiatan yang
berhubungan dengan komunikasi.
- Perencanaan Strategi, Manajemen, dan Perhubungan
a. Menjalankan strategi untuk kegiatan komunikasi
b. Mengembangkan dan melakukan review
strategi komunikasi Sekretariat ICCTF secara berkala.
c. Mengimplementasikan strategi komunikasi Sekretariat ICCTF dalam bentuk
kegiatan.
d. Menyelesaikan permasalahan komunikasi Sekretariat ICCTF.
e. Menjamin komunikasi internal yang efektif dengan seluruh staf
Sekretariat ICCTF.
f. Mempersiapkan kebutuhan Sekretariat ICCTF berhubungan dengan pihak eksternal
(sebagai contoh, dalam wawancara dengan media atau pembicara di acara-acara nasional)
dan sekaligus dapat mendukung Majelis Wali Amanat ICCTF.
- Manajemen Tim dan Pembimbingan
a. Menjalankan fungsi supervisi terhadap tim yang terdiri dari Creative Officer dan Comunication Officer.
b. Memberikan masukan kepada staf Sekretariat ICCTF dalam masalah
komunikasi sehingga tim Sekretariat ICCTF menyadari akan adanya kesempatan-kesempatan
untuk komunikasi keluar, dan cara-cara komunikasi terbaru yang sedang populer
yang mungkin berguna.
c. Menyusun database organisasi dan individu untuk mendukung kegiatan
komunikasi Sekretariat ICCTF (contoh: pengelolaan acara, kampanye khusus).
- Hubungan dengan Media, Publik, dan Mitra Pembangunan
a. Menjaga hubungan dengan media di Indonesia dan global mengenai informasi
kegiatan penurunan emisi gas rumah kaca.
b. Menyusun strategi keterlibatan media dan memastikan Sekretariat ICCTF
memiliki sistem yang efektif dalam mengevaluasi informasi dari media.
c. Menyusun dan mengimplementasikan perencanaan kerja sama dengan media sehingga
program-program Sekretariat ICCTF dapat dipublikasikan.
- Komunikasi Internal dan Manajemen Pengetahuan
a. Menyampaikan rencana komunikasi dan memberikan update kegiatan komunikasi kepada staf Sekretariat ICCTF, Operation
Director dan Executive Director.
b. Menyiapkan pedoman dan informasi yang dibutuhkan untuk meningkatkan
pengetahuan staf dalam hal-hal yang relevan dengan komunikasi.
c. Bekerja dengan mitra lainnya untuk menyusun sistem informasi manajemen
Sekretariat ICCTF sebagai dasar komunikasi internal.
- Komunikasi Online
a. Memperbaharui konten website
Sekretariat ICCTF (terkait dengan efektivitas isi dan visual, tetapi bukan hal teknis)
dan media sosial, jika menggunakan media lain.
b. Bekerja sama dengan IT Manager
dalam mengelola website Sekretariat ICCTF,
khususnya memperbarui informasi terkait dengan perubahan iklim khususnya
penurunan emisi gas rumah kaca.
- Acara, Seminar, Lokakarya, dan Pelatihan
- Memberikan masukan terhadap Sekretariat ICCTF dalam acara-acara eksternal dan internal.
- Menyiapkan bahan presentasi Executive Director dan Bappenas terkait kegiatan yang dilaksanakan.
- Publikasi dan Pencitraan
- Mempublikasikan produk-produk Sekretariat ICCTF, termasuk laporan tahunan Sekretariat ICCTF, leaflet, newsletter.
- Menjamin kualitas dari semua publikasi seperti buku, laporan tahunan, leaflet, newsletter, rolling banner dan goody bag Sekretariat ICCTF.
- Memeriksa kebutuhan desain untuk Sekretariat ICCTF, termasuk foto, branding, dan infografis, serta memperbaharuinya jika dibutuhkan.
Persyaratan
1. Minimum memiliki pendidikan S1/S2 di bidang Komunikasi/Jurnalistik/ Hubungan Masyarakat/bidang
terkait.
2. Minimum pengalaman kerja 5 tahun (untuk S1) dan minimum 3 tahun (untuk
S2) dengan pengalaman kerja relevan di bidang komunikasi, hubungan masyarakat,
atau jurnalistik di tingkat nasional maupun internasional.
3. Berpengalaman dan mempunyai kemampuan dalam mengembangkan staf komunikasi di level manajerial untuk lembaga
nasional atau internasional.
4. Berpengalaman dan mempunyai kemampuan dalam menyusun dan mengimplementasikan strategi komunikasi, termasuk outreach dan fundraising, yang terkait dengan kebijakan publik dan lembaga
pemerintahan, diutamakan di bidang perubahan iklim.
5. Berpengalaman dalam
penyusunan rencana anggaran untuk kegiatan lembaga pemerintahan dan memahami
mekanisme APBN.
6. Berpengalaman dalam
menyusun dan memproduksi laporan tahunan, publikasi organisasi, dan website..
7. Berpengalaman bekerja untuk lembaga pendanaan,
terutama terkait dana perubahan iklim.
8. Berpengalaman bekerja dengan para pemangku
kepentingan nasional, lembaga pemerintah/organisasi non-pemerintah (LSM), swasta, pemerintahan, media, akademik, dan
lembaga internasional yang terlibat dalam kegiatan penanganan perubahan iklim atau
pengelolaan lingkungan.
9. Berpengalaman dan mempunyai kemampuan dalam
penggunaan komputer dan paket perangkat lunak perkantoran serta publising (worksheet,
word processor, dan paket database).
10. Berpengalaman bekerja dalam tim serta
memiliki kemampuan komunikasi dan koordinasi yang baik dengan tim yang berbeda
kebangsaan dan latar belakang budaya
11. Memiliki kemampuan yang baik dalam Bahasa
Indonesia dan Bahasa Inggris, baik lisan maupun tulisan
Silakan mengirimkan surat lamaran
beserta dokumen-dokumen di bawah ini:
1. CV
2. Scanned copy NPWP
4. Scanned copy Ijazah
Lamaran dan dokumen persyaratan
dikirimkan melalui email ke vacancy@icctf.or.id dengan subyek “Communication Manager”.
Catatan
· Lamaran diterima hingga 17 Desember 2018.
· Lamaran
yang tidak dilengkapi lampiran persyaratan tidak akan mendapatkan tanggapan..
· Hanya
kandidat yang terpilih yang akan dihubungi untuk mengikuti tahap rekrutmen
selanjutnya.
No comments:
Post a Comment