Saturday, July 15, 2023

Vacancy Announcement "Marine Resource Use Senior Officer untuk Maluku Utara"

Wildlife Conservation Society (WCS) memiliki sejarah yang terkemuka dalam bidang eksplorasi dan penyelamatan hidupan liar di beberapa tempat yang paling terpencil dan liar di Bumi. Wildlife Conservation Society Indonesia Program (WCS-IP) telah tumbuh signifikan selama beberapa dekade terakhir dan berkontribusi dalam mendukung Pemerintah Indonesia, terutama Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), dalam melestarikan keanekaragaman hayati Indonesia. WCS-IP terstruktur dibawah lima program tematik inti: Forests, Marine, Wildlife Trade & Policy, One Health, dan Rights & Communities. Kelima program tersebut didukung oleh unit lintas sektoral yaitu Science & Technology, Conservation Network & Partnership, dan Operations.

Di Maluku Utara, WCS-IP mendukung Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Maluku dan Pemerintah Daerah dalam memperkuat kawasan lindung perairan, pengelolaan pemanfaatan sumberdaya kelautan, serta dalam upaya pemberdayaan masyarakat di sekitar kawasan konservasi.

Untuk mencapai tujuan keseluruhan kami dalam menyelamatkan hidupan liar dan habitatnya, WCS-IP saat ini sedang mencari kandidat yang memenuhi syarat untuk posisi Marine Resource Use Senior Officer untuk Maluku Utara. Posisi ini akan secara langsung melapor kepada Program Manager untuk Maluku Utara dan bekerja sama dengan staf WCS-IP lainnya.

TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB

  • Bertanggung jawab untuk mengembangkan dan mengelola sistem pemantauan pemanfaatan sumberdaya kelautan, termasuk memastikan data pemanfaatan sumberdaya kelautan berkualitas tinggi dan mencari peluang untuk mengembangkan mekanisme pemantauan berkelanjutan dengan pemangku kepentingan lokal (termasuk data pendaratan ikan, pendaftaran kapal, dan buku catatan pemanfaatan sumberdaya kelautan).
  • Memberikan dukungan dalam merancang strategi dan pendekatan untuk keberlanjutan program dan keterlibatan yang kuat dengan pemangku kepentingan utama; instansi pemerintah, pemangku kepentingan lokal utama, dan sektor swasta untuk mengembangkan kebijakan pemanfaatan sumberdaya kelautan berkelanjutan dan implementasinya di Provinsi Sulawesi Utara.
  • Bertanggung jawab untuk memastikan dukungan yang kuat untuk praktik pemanfaatan sumberdaya kelautan berkelanjutan dari instansi pemerintah, pemangku kepentingan lokal utama, dan sektor swasta untuk mengembangkan kebijakan pengelolaan sumberdaya kelautan (perikanan) berkelanjutan dan membentuk satuan tugas pengelolaan perikanan provinsi untuk memastikan pelaksanaan pemanfaatan sumberdaya kelautan berkelanjutan di Sulawesi Utara dan Maluku Utara.
  • Bertanggung jawab dalam menciptakan kondisi yang memungkinkan dalam komunitas pemanfaatan sumberdaya kelautan dan pemerintah daerah dan mengembangkan pengelolaan bersama untuk meningkatkan insentif dan investasi untuk implementasi pemanfaatan sumberdaya kelautan berkelanjutan di Maluku Utara dan Sulawesi Utara.
  • Memberikan dukungan kepada koordinator program dan bekerja sama dengan tim MPA dan tim livelihood untuk mendapatkan dukungan pemerintah desa, masyarakat setempat, tokoh masyarakat, kelompok nelayan, pengumpul ikan dan pemangku kepentingan lainnya dalam mengembangkan pengelolaan pemanfaatan sumberdaya kelautan di Sulawesi Utara dan Maluku Utara.
  • Memberikan dukungan dalam pengembangan dan implementasi strategi penyadartahuan dan komunikasi terkait program kelautan Sulawesi Utara dan Maluku Utara, khususnya untuk komponen pemanfaatan sumberdaya kelautan berkelanjutan.
  • Membantu dalam pengembangan dan implementasi strategi peningkatan kapasitas terkait pemanfaatan sumberdaya kelautan berkelanjutan bagi para pemangku kepentingan dan bertanggung jawab dalam pelaksanaan pengembangan kapasitas bagi pemangku kepentingan lokal dan masyarakat sasaran untuk memastikan kondisi yang memungkinkan bagi praktik pemanfaatan sumberdaya kelautan berkelanjutan di Sulawesi Utara dan Maluku Utara.
  • Menyampaikan pembaruan rutin pada kegiatan proyek dan memberikan bantuan teknis, administrasi dan pelaporan dan memberikan pengawasan untuk konsultan atau sub-hibah jika diperlukan untuk pelaksanaan kegiatan yang berkaitan dengan pemanfaatan sumberdaya kelautan di Sulawesi Utara dan Maluku Utara serta memastikan kualitas keluaran (mis. dokumen, laporan, database) memenuhi standar yang diharapkan oleh WCS.
  • Menyusun minimal 1 laporan teknis atau ilmiah tentang pembelajaran implementasi dan pendekatan pembangunan pemanfaatan sumberdaya kelautan berkelanjutan di Sulawesi Utara dan atau Maluku Utara.
  • Mengawasi pekerjaan staf dan enumerator terkait pemanfaatan sumberdaya kelautan di Sulawesi Utara dan Maluku Utara untuk memastikan kelancaran pelaksanaan kegiatan pemanfaatan sumberdaya kelautan di lokasi lapangan, termasuk mengidentifikasi pelatihan staf/pengembangan kapasitas dan opsi untuk pengembagan karir staf yang berada dibawah pengawasan.

MANAJEMEN PROYEK

  • Membantu Manajer Program Kelautan Maluku Utara & Sulawesi Utara, Wakil Manajer Program, Pemimpin Program Maluku Utara, Koordinator Program Sulawesi Utara dalam merencanakan dan melaksanakan kegiatan proyek.
  • Menyusun laporan kegiatan dan membantu penyusunan laporan keuangan yang dibutuhkan oleh donatur dan/atau pemangku kepentingan, baik tertulis maupun lisan, serta laporan teknis kepada komponen Pemanfaatan sumberdaya kelautan Maluku Utara dan Sulawesi Utara.

KETERLIBATAN DAN KOMUNIKASI PEMANGKU KEPENTINGAN

  • Menghubungkan dan membangun hubungan kerja yang baik dan/atau kemitraan strategis dengan pemerintah daerah dan pemangku kepentingan utama lainnya, untuk memastikan keberhasilan koordinasi, pelaksanaan dan tindak lanjut kegiatan proyek, serta mobilisasi sumber daya tambahan untuk proyek;
  • Memberikan dukungan teknis dan fasilitasi untuk pertemuan dan lokakarya, dan secara resmi mewakili WCS jika diperlukan dalam pertemuan dan lokakarya tersebut;
  • Menyampaikan pembaruan rutin tentang kegiatan proyek melalui mekanisme pelaporan yang dikembangkan untuk tim WCS terutama tim kelautan Sulawesi Utara dan Maluku Utara.

TUGAS LAIN

  • Menerapkan dan mempromosikan nilai-nilai WCS tentang rasa hormat, transparansi dan akuntabilitas, inovasi, inklusi dan keragaman, kolaborasi, dan integritas dalam pekerjaan sehari-hari.
  • Berpartisipasi sepenuh hati dalam kegiatan umum WCS-IP khususnya acara dan kegiatan yang memerlukan dukungan dan partisipasi penuh dari semua anggota staf, terutama pada acara atau kegiatan tertentu yang ada kaitannya dengan uraian tugas dan tujuan proyek yang ditetapkan.
  • Melakukan tugas terkait lainnya yang ditugaskan oleh supervisor dan manajemen lini jika diperlukan.

LAPORAN DAN HASIL KERJA:

  • Laporan aktivitas bulanan sesuai dengan pelaksanaan kegiatan
  • Laporan kegiatan triwulanan sesuai permintaan
  • Rencana kerja tahunan tim sesuai kebutuhan
  • Masukan pada laporan setengah tahunan dan tahunan sesuai kebutuhan
  • File dan direktori komputer yang merangkum aktivitas kantor dan korespondensi (dicadangkan setiap bulan)

PERSYARATAN

  • Gelar sarjana dalam bidang Pemanfaatan sumberdaya kelautan, Ilmu Kelautan, Sosial atau bidang terkait laiinya terkait dengan pengelolaan sumberdaya kelautan. Gelar paska sarjana merupakan kelebihan yang akan dipertimbangkan.
  • Memiliki minimal tiga tahun bekerja di bidang pemanfaatan sumberdaya kelautan, atau 5 tahun pada bidang kelautan atau bidang terkait lainnya.
  • Wajib memiliki keterampilan komputer dan mampu menyusun laporan baik dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa inggris
  • Familiar dengan mekanisme pemantauan dan pengelolaan pemanfaatan sumberdaya kelautan
  • Memiliki pengalaman bekerja dengan masyarakat dan instansi pemerintah
  • Memiliki pengalaman dalam pengelolaan proyek
  • Memiliki pengalaman melakukan supervisi
  • Mampu melakukan berbagai tugas, bekerja dalam tim, menetapkan prioritas dan memenuhi tenggat waktu
  • Mampu bekerja dengan pengawasan minimal
  • Keterampilan komunikasi yang baik dalam Bahasa Indonesia dan akan menguntungkan dalam bahasa Inggris
Untuk lebih detil mengenai posisi ini, silakan membuka link berikut:





Mohon mengirimkan surat lamaran dan Curriculum Vitae dalam format bahasa indonesia atau bahasa inggris pada email idrecruitment@wcs.org dengan subjek: “Resource Use Senior Officer NM_(nama)” paling lambat 24 Juli 2023.

Hanya kandidat terpilih yang akan dihubungi dan menerima pemberitahuan.

 

No comments:

Post a Comment